Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/simple/public_html/simplebiznet.info/wp-content/plugins/all-in-one-seo-pack/aioseop_class.php:1443) in /home/simple/public_html/include/global.php on line 1357

Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/simple/public_html/simplebiznet.info/wp-content/plugins/all-in-one-seo-pack/aioseop_class.php:1443) in /home/simple/public_html/include/global.php on line 1357

6 Toples Keuangan ala Krishnamurti – by Hany Kurniasari

By Hany Kurniasari

Tanggal 6 awal bulan nih, pasti masih tebel dompetnya, masih penuh isi rekeningnya… iya, kan baru gajian Apa ???? Gaji mu 6 koma ? tanggal 6 sudah koma ? #eaaaa itu artinya ada yg harus diperbaiki.

Menurut Pak Krishnamurti, ketika kita gajian, jgn langsung digunakan untuk pengeluaran macam-macam, tapi bagi dulu dalam pos-pos yang disebut ‘toples’. Ada 6 toples yg harus kita sediakan :

1. Toples Gift/Sedekah
Toples ini fungsinya untuk kita menyisihkan penghasilan pertama untuk sedekah. Porsinya 5% dari penghasilan. Kalo orang muslim aturannya 2.5% itu zakat nah tambahin dong jadi 5% supaya bisa memberi sedekah ke yang lain.

2. Toples Education/ Pendidikan
Gunakan 10% dari penghasilan untuk pendidikan, contohnya adalah bayar uang sekolah membeli buku, mengikuti training yang bisa memberikan ilmu untuk anda di masa depan. Investasi untuk otak tidak akan percuma hasilnya.

3. Toples Necessity / Biaya hidup
Nah semua pengeluaran sehari-hari ambil dari toples ini ya. Masukkan biaya-biaya bulanan seperti listrik, telpon, internet, makan, belanja,Porsi Biaya hidup ini 55% dari penghasilan ya.

4. Toples Longterm Spending/Belanja jangka panjang
Contohnya beli rumah, beli mobil , beli tanah , semua yg termasuk belanja yang pemakaiannya nanti sekitar 5 tahun ke depan, mungkin. Jangka panjang. Porsi nya 10% ya.

5. Toples Financial Freedom/ Kebebasan Financial
Ternyata IMPIAN punya financial freedom itu tidak bisa di dapat kalau tidak dimulai dari sekarang. Memangnya mau kerja sampai tua, jadi karyawan seumur hidup tapi hidup masih pas pasan ? tentu tidak, kan . Itulah mengapa kita jangan hanya berpikir untuk makan sebulan, mulailah menabung untuk hari tua. Porsinya yang disarankan Pak Krishnamurti adalah 10% dari penghasilan. Contohnya : Buka rekening di bank tapi tidak diambil untuk jangka waktu yang cukup lama.

6. Toples Play
Apa tuh? dari tadi kan sudah ‘ngomongin’ tentang menabung, biaya, menyimpan, dst. lalu kapan kita jalan-jalannya?Kapan dong kita beli tas bermerek, sepatu mahal ? ganti gadget terbaru ?beli mainan anak?? nah itu yg namanya Play alias belanja yg harus dihabiskan , wuiihhh catet tuh HARUS DIHABISKAN untuk kesenangan kita, belajar menghargai kerja keras diri sendiri, belajar jadi orang kaya, jangan kebangetan pelit juga kali ama diri sendiri ya, sekali-sekali boleh dipakai untuk ke salon, untuk jalan-jalan ke luar negeri, untuk bersenang-senang. Tapi awas ! porsinya hanya 10% aja yaaa…

Nah sudah pas kan 100%

Coba deh dipraktekin yaaa paling tidak untuk setahun dulu dan liat hasilnya. Mumpung masih bulan Maret loh, masih bisa merubah resolusi 2015 kan. Jangan kelamaan kere ah. Gak bisa membantu siapa-siapa, wong membantu diri sendiri saja masih sulit.

Mari mulai sekarang siapkan 6 toples dan miliki penghasilan kedua bersama Oriflame dan SBN.
Siap ?