Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/simple/public_html/simplebiznet.info/wp-content/plugins/all-in-one-seo-pack/aioseop_class.php:1443) in /home/simple/public_html/include/global.php on line 1357

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/simple/public_html/simplebiznet.info/wp-content/plugins/all-in-one-seo-pack/aioseop_class.php:1443) in /home/simple/public_html/include/global.php on line 1357

Dua Title Dalam 6 Bulan – by Ika Stanie

by Ika Stanie

 Bismillahirrahmaanirrahiim….

Sepenuhnya sadar bahwa perjalanan bisnisku di Oriflame ini tidak semulus pipi dan paha anak bayi :D

Jadi masalah kecil ataupun besar, selalu aku hadapi dengan  senyuman.

Target closing title Senior Gold Director tahun 2013 ternyata meleset, meskipun open title SGD pada bulan ketiga 2013.

Bolong kualifikasi berbulan-bulan memaksaku memutar otak dan bekerja lebih giat dari sebelumnya, mencari bibit berlian-berlian cantik di kedalaman sangat menguras pikiran dan tenaga lho. Bekerja setiap hari hanya dengan 2 orang coreteam saja juga ternyata jauh lebih menyenangkan dibandingkan bekerja dengan 100 orang yang tidak memiliki kesamaan visi & misi.

Membentuk mental leader, meng-coaching consultant 0% mulus untuk loncat menjadi seorang Manager pun bukan pekerjaan mudah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh effort dan keuletan yang lebih dari biasanya. Kegiatan sehari-hari adalah berkomunikasi dengan coreteam, membantu mereka merekrut, membimbing mereka untuk membina jaringannya, dsb. Simple ya keliatannya. Dan kerjaannya juga itu lagi, itu lagi, sangat mudah. Butuh kemauan untuk mengajari, diajari, dan duplikasi.

Setelah berjuang beberapa bulan, akhirnya berhasil membangun kembali kaki ke-3 sebelum periode 12 bulan ku habis. Maret, September, Oktober, November, Desember, Januari. Meleset hanya 1 bulan dari target yang sudah kucatat sebelumnya. Apakah aku sedih? Sedih sebentar saja. Karena pada bulan November 2013, dengan kuasa Allah juga kaki ke-4 bisa lahir sebagai 21%.

Alhamdulillah, keyakinanku bisa jadi kenyataan. Sangat YAKIN & percaya dengan ayat Allah berikut ini:

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan (Q.S 94 : 5 & 6).”

Mari kita pahami sejenak makna ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Waktu membeli rumah (ready stock) awal tahun 2009, aku sudah bercita-cita ingin merenovasi rumah ini pada bagian tertentu. Namun persoalan waktunya, aku belum berani memutuskan. Maklum ya saat itu belum gabung di Oriflame, jadi belum berani menetapkan impian. Hehehe…

Nah begitu bergabung di Oriflame awal bulan September 2011, aku mulai berani bermimpi untuk punya mobil CRV dari Car Program nya Oriflame. Dan ini selalu aku gaungkan di telinga suami. Tentang bagaimana nanti mobil cantik tidak terlindung panas terik dan hujan badai, karena kami tidak punya carport. Tentang ‘kesulitan’ naik turun mobil ketika hujan karena tidak ada carport. Hehe.. Pokoknya membayangkan betapa bahagianya kalau punya mobil baru, tapi kondisinya belum mendukung untuk punya CRV.

Akhirnya awal tahun ini, suamiku berjuang membangun carport yang bukan main-main. Suamiku ingin membangun carport permanen. Dan sejak saat itulah ketidaknyamanan kami dimulai. Yah, namanya saja orang renovasi ya, sebelas dua belas deh sama orang bangun rumah. Kotor, berdebu, bising, berisik. Setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore, tidak pernah rumah kami berada dalam ketenangan dan kesunyian seperti sebelumnya. Jadwal tidur siang ibu mertua dan kami berdua (Lulu dan aku), lebih sering terganggu oleh kebisingan para tukang yang sedang bekerja. Keadaan tidak nyaman ini, mau atau tidak, memang harus kami lalui jika kami ingin memiliki carport dan teras yang baru. Dari mulai yang gak bisa melangkah karena banyaknya batu-batu dan pecahan tembok, bambu-bambu penyangga beton, paku-paku berserakan, bising suara pemotong ubin, dan lain sebagainya. Oh, ini ternyata melelahkan juga. Rasa bosan mulai melanda. Cape sekali rasanya dengan keadaan kayak gini. Pengen segera selesai dan gak berisik.

Alhamdulillah, beberapa hari menjelang lebaran ini, carport dan teras sudah selesai. Aku memandangi hasil kerja para tukang selama berbulan-bulan ini, ada perasaan lega dan bahagia serta haru menjalar di hati dan mata. Indah sekali hasilnya. AKHIRNYAAAAA…

Sekali lagi Allah membuktikan ayat tersebut.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan (Q.S 94 : 5 & 6)”

Apa hubungannya dengan Oriflame?

Menurut leader hebat di Oriflame, Oriflame itu bukan melulu soal MENCARI DUIT. Tapi Oriflame itu adalah pelajaran hidup, bagaimana kita membentuk kehidupan kita seperti yang kita harapkan. Dan ini tentunya dengan usaha. Betul, tidak? ^_^

Kalau sekarang ini kita menjalankan Bisnis Oriflame atau bisnis apapun dan masih berada dalam kesusahan, banyak paku, kerikil, pasir, debu, bising, dan hal-hal lain yang tidak membuat kita nyaman karena selalu terbentur masalah, maka kerjakan dengan berlari atau terbang. Bergerak cepat. Supaya kita bisa segera merasakan kebahagiaan, kesyahduannya, saat kita berada di puncak kesuksesan yang kita impikan. Sama kan seperti cerita membangun carport & teras tadi? Rasa muak dan jenuh berbulan-bulan terbayar dengan rasa nyaman dan perasaan bahagia setelah melalui semuanya.

Kembali lagi ke target closing title Sapphire.

Mulai Januari 2014 lagi-lagi posisiku ‘terancam’. Kaki ke-4 mengalami gejolak. Hampir semua managernya serentak memunculkan alasan domestik yang tanpa Oriflame an pun masalah domestik pasti akan ada terus, gak mungkin gak ada. Akhirnya targetku untuk closing title Senior Gold Director & closing title Sapphire, keduanya sukses! Sukses MELESET dari target. Hehehehe…. Target closing title SGD ‘berhasil’ meleset hanya 1 bulan.

Lalu… Bagaimana dengan Sapphire?

Sabar ya.. Cerita lain lagi nih… Pas masuk Maret 2014, tiba-tiba leader di kaki ke-5 mulai tergerak untuk menuntaskan impian terdekatnya, yaitu mencapai level Senior Manager. Memang sih setelah berhasil mencetak kaki ke-4 sebagai kaki 21%, bulan Desember nya, aku mulai fokus untuk membangun kaki ke-5. Sekaligus menjaga kestabilan kaki ke-4. Daaaan sesuai ucapan leader ke-5 ku, maka pada Maret 2014, dengan usaha yang lumayan banyak membuatku ngos-ngosan, akhirnya resmilah aku memiliki 5 buah kaki 21%. Wowwww… It’s kinda Amazing! Just One more to go to opening title Diamond Heaven..

Sudah jauh hari pula aku menargetkan closing title Sapphire di bulan April 2014. Tapi yaaaah sedih pastinya ya ketika impian / target kita harus mundur dari yang kita harapkan? Tapi lagi-lagi, mencoba untuk gak berlarut-larut dalam kesedihan dan kedukaan. Untuk kesekian kalinya, aku diberikan hadiah oleh Allah, bahwa teryata sudah digariskan aku akan closing title Sapphire Director, tepat sehari setelah ulang tahunku yang ke-29. Yaitu tanggal 29 Juni 2014. Begini kira-kira statusku sehari sebelum ultah:

“In 28, turns 29. In 29, got 28. Bismillah.”

Maksudnya, di tanggal 28 akan menjadi 29 tahun, dan di tanggal 29 akan mendapatkan Cash Award 28 JUTA.

Setiap hari, aku meneror calon-calon Directorku untuk mengejar qualifikasi mereka sepanjang bulan Juni. Recruit, Follow Up, Aktivasi, Bina. Ituuuuuuu terus, setiap hari. Yaaa mungkin mereka bosan. Tapi biarlah. Ada waktunya mereka akan bersyukur sudah di teror sedemikian rupa oleh Directornya yang cerewet ini, bener kan? ^_^

Kalaulah aku ngambeg, mutung atau bahkan marah pada Allah tentang mengapa aku tidak bisa mewujudkan impianku di bulan April lalu, mungkin Allah gak akan kasih aku hadiah terindah ini dihari ulang tahunku. Gak mungkin!

Dan ini ‘memaksaku’  untuk mengingat lagi ayat Allah berikut ini:

“…. Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS: 3 ayat 144).

“Dan (ingatlah)  ketika Tuhanmu memaklumkan: ” Sesungguhnya jika kamu bersyukur,  niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. (QS: 14 ayat 7).

Yah, begitulah sekali lagi dan lagi, perjalanan hidupku membuktikan kebenaran ayat-ayat Allah.

Saat tidak berhasil mencapai target, sedihnya sebentar aja. Setelah itu tetap menjalankan kegiatan sebagaimana biasanya, tetap ceria, bahagia dan tidak merasa terbebani apapun. Kesemuanya ini adalah perwujudan dari rasa bersyukur. Jadi bersyukur atas nikmat Allah tidak cukup hanya dengan ucapan di bibir saja, melainkan harus dirasakan dengan hati dan dilakukan dengan perbuatan. Bener kan?

Itulah sedikit cerita dan perjuanganku, yang terasa sangat pahit ketika dilalui, tapi ternyata manis setelah berhasil melewatinya.

Meraih 2 title dalam kurun waktu 6 bulan pada awal tahun 2014 ini, adalah sebuah KESUKSESAN BESAR yang sama sekali tidak pernah aku impikan sebelumnya!!

Nah, bisa lihat kan? Bahkan untuk hal yang membahagiakan dan bukan impian kita, Allah bisa berikan!

Apalagi untuk semua yang kita impikan? Tentu saja bisa kita dapatkan.

Maka sudah pasti tugasku dan kita semua adalah bekerja semaksimal mungkin, lalu mengenai hasil serta waktunya kita serahkan saja pada yang Maha Memiliki.

Sebelum menutup kisah ini, ada satu hal lagi yang ingin aku ceritakan. Bulan Februari 2013, ketika pengumuman Top15 Oriflame Bandung dan meraih urutan ke-12, aku langsung menargetkan posisiku untuk tahun berikutnya. Minimal 5 besar, ucapku dalam hati.

Kalian tahu, teman-teman? Istilah “bermimpilah setinggi langit, maka jika jatuh, kau akan jatuh di atas awan” itu juga benar!!

Maret 2014 lalu, dalam sebuah event Bandung Big Day, aku ternyata dipanggil sebagai Top15 Oriflame Bandung urutan ke-7. Meleset hanya  2 angka ya? Alhamdulillah……

DSC03081

Lagi-lagi, Allah membuktikan kuasaNya. Apapun ucapan dan niat baik kita, insyaaAllah akan diijabah ketika kita mengiringinya dengan usaha yang gigih dan tak putus berdo’a. Maka tugas kita sebagai manusia adalah terus bergerak, berdzikir, dan membaca (iqra’). Membaca apa yang ada dalam diri kita, dan membaca apapun yang ada di Alam Semesta. Dengan demikian kita akan selalu memiliki sifat bersyukur.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

GO PRESIDENT!!

*spesial thanks to all my networks, Qiqi & team, Naela & team, bu Riza & team, Tiwi & team, Windri & team. Let’s rawk this 2014!! My Family, Lulu, mas Candra, Mamah, Papah, deq Bagus. SBN & All SBN Members. All ESM & staff Orindo Bandung. I’m nothing without all of you….

10551859_800698363296735_2104991196_n

IkaStanie

papan rekognisi